5.15.2013

Karimun Island Part 1

Karimun Jawa
Karimun Jawa..Ya itulah yang akan gue bahas kali ini.
Seperti biasa, gue akan bahas tentang profile dari karimun jawa itu sendiri, sebelum cerita tentang traveling gue bareng temen-temen. Karena "Tak Kenal Maka Tak Sayang" itu kata pepatah, biar kita semakin cinta terhadap keindahan negeri ini... Indonesia.

Oke di mulai dude!
Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.
Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.
Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.

Gak banyak bicara (karena gue ngetik bukan bicara..hehehee) kita lanjut ke trip traveling gue bareng temen-temen. Jumlah kita ada 4 orang (Gue, Rifki/tole, Esi, dan Fahrul), Gue berangkat dari Cirebon, Tole berangkat dari jember, Esi dan Fahrul berangkat dari Jakarta (tepatnya Bekasi). Gue berangkat dari kantor jam 12 siang menuju Teminal Cirebon menggunakan elf nama mini bus di tempat kerja gue, nyampek terminal jam 1 siang, gak banyak tanya gue langsung naek bus jurusan Probolinggo Jawa Timur, karena bus jurusan jepara adanya malem kalo dari Cirebon jadi buat ngejar waktu gue langsung naek bus tersebut nama busnya "Harapan Kita". Jam setengah dua bus mulai meluncur, saat di datangi kondektur bus, gue tanya kalo mau ke Jepara paling deket turun mana dan kondektur bilang turun Kudus, okelah gue langsung beli tiket yang ke Kudus. Diluar perkiraan, ternyata Cirebon-Semarang gak ada macet jadi lancar jaya, gue nyampek Semarang sekitar jam setengah tujuh, nah baru dari Semarang ke arah Kudus baru macet, karena klas bus klas ekonomi jadi gak lewat tol. Semarang-Kudus yang seharusnya cuma 2 jam menjadi 4 jam karena macet, dan gue nyampek Kudus jam setengah 11 malem. Gila! Terminal Kudus ternyata cuma buka sampek jam 5 sore pak bosss!!! Yaudah, dengan pede-nya dan pasang wajah preman (Karena clana udah sobek2 dan cuma pake kaos kutang aja), sambil ngopi di pinggiran trotoar, gue cari info gimana caranya ke Jepara kalo dari Kudus pas malem-malem. Oke, ternyata ada 2 cara, cara pertama naek mobil,carteran harga sekitar 300rb, oh no!! Cara kedua adalah naek ojek, harga sekitar 80rb. Oke dengan terpaksa gue ambil yang cara kedua "naek ojek", sambil ngabisin kopi dan ngasap, gue cek dompet, buset dah ternyata gak cukup buat balik, akhirnya si abang ojek gue tawar 50rb. Awalnya si abang gak mau, tapi gue cuek aja sambil ngopi dan ngerokok, mungkin karena bosen nungguin, si abang ojek bilang "60rb deh mas, saya anter sampek pelabuhan", ya awalnya gue cuek tapi pas ngeliat jam udah jam 12 malem terpaksa gue ambil ojek dengan harga 60rb. Perjalanan dari Kudus - Jepara via ojek ditempuh dengan waktu 30 menit. Gue nyampek pelabuhan Jepara jam setengah satu malem. Wauw! Pelabuhan masih sepi, gelap lagi, jadi gue putuskan buat puter balik dan cari SPBU (pom bensin) yang paling dekat dengan pelabuhan. Dan nemu dengan jarak kurang lebih 1Km, dan gue pun tidur di situ, menunggu pagi, dan menunggu temen2 nyampek.

Si tole berangkat dari jember juga jam 1 siang menuju Terminal Bungur Surabaya, bus arah ke Jepara jadwalnya jam setengah sembilah, kena macet juga dan akhirnya nyampek Terminal Jepara jam 4 pagi. Si Esi dan Fahrul berangkat jam setengah enam sore dari bekasi, kena macet juga, dan nyampek di Terminal Jepara sekitar jam 8 pagi.

Jam 5 pagi gue bangun, sholat shubuh, dan jam 6 berangkat ke pelabuhan Jepara dengan jalan kaki. Nyampek sana skitar jam stengah tujuh, tole juga udah nyampek sana duluan kerna naek ojek dari terminal. Sambil nunggu Esi dan Fahrul, gue sama tole sarapan dulu sambil ngopi. Informasi awal, kapal yang bakal kita naekin berangkat jam 9 pagi, ternyata molor sampek jam 11.30, karena dateng jam 10 pagi dan kipas mesinmya kesangkut sama tali nelayan, jadi harus diperbaiki dan fix selesai dan berangkat jam 11.30.

Toilet Umum Samping Pelabihan

Kapal Patroli Laut

Setengah hari hilang percuma, karena nyebrang ke Pulau Karimun butuh wakyu 2,5jam, kita nyampek di pelabuhan karimun sekitar jam 2 siang. Setelah nyampek, kita langsung menuju tempat nginap (Homestay), lumayan sih homestay-nya, kamar dengan ukuran 3x3 (sekamar isi 2-3 orang).

Selamat Datang di Karimun Jawa
Nyampek penginapan, kita langsung naruh barang, ganti pakaian, sarapan (menu: ikan goreng, telur dadar, krupuk, teh anget). Habis sarapan, kita langsung siap-siap menuju spot-spot yang bakal kita tuju, sebenarnya dalam sehari normalnya ada 4 spot yang dikunjungi, berhubung moler banget pake parah plus sadis, akhirnya kita cuma 2 spot aja. Snorkling di Pulau Menjangan Kecil dan liat sunset di Tanjung Gelam.

Perjalanan menuju Pulau Menjangan Kecil
Kita nyampek spot pertama sekitar jam 15.30 sore, jadi pas nyampek spot kita lngsung nyebur. Di spot ini kita bisa menikmati berenang dengan ikan, ngasih makan ikan, dan ngeliat terumbu karang yang masih bagus banget. Keren SIDAS!!! dan emosi gue tueun gara-gara nyemplung, ngeliat terumbu karang yang Walllaaa! Maknyus! Maknyos! Maknyeslah!.

UnderWater

Snorkling sambil kasih makan ikan (Menjangan Kecil)

Snorkling with fish (P. Menjangan Kecil)

Bawah Air P. Menjangan Kecil

Bawah Air P. menjangan Kecil (Snorkling)

Karena waktu terbatas, jam 4 sore kita kudu stop itu snorkling dan melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Gelam. Perjalanan kesana sekitar 30 menit dari P. Menjangan Kecil. Nyampek sana sekitar jam setengah lima sore.

Perjalanan menuju Tanjung Gelam (area sunset)

Tanjung Gelam
Di Tanjung Gelam kita bisa nikmati sunset kalo cuaca lagi bagus, tapi kali ini cuaca lagi agak mendung. Jadi kita di sana cuma snorkling di area dangkal, foto-foto di kelapa doyong, sambil me-rileks-kan pikiran (terutama gue, karena udah 4 bulan kerja mulu dan g ada liburnya).

Manjat Pohon Kelapa (Tanjung Gelam)

Foto Imut di Tanjung Gelam

Foto cekciiiiiihhh di Tanjung Gelam :D

Sunset (lagi mendung jd jelek)

Ada yang lagi prewed gratis! (Esi & Fahrul)

Next Story------> TO BE Continues! Klik Here!