12.30.2012

Pendakian Semeru (Ranu Kumbolo - Kalimati)

Pagi hari setelah kami bermalam, kami mulai perjalanan menuju Pos Kalimati. Ranu Kumbulo ke Kalimati hanya membutuhkan sekitar 3 jam perkiraan waktu kami. Kami berjalan melalui sebuah padang rumput terbuka yang indah.. pinus mitos hutan dan edelweiss daerah bunga (disebut Jambangan edelweiss area).
Padang Adelweis

Bagian perjalanan yang lumayan berat tapi mengasyikan saat menuju pos Kalimati karena rute perjalanan lumayan berliku dan mendaki. Ketinggian pos Kalimati sekitar di 2700 mdpl dan Ranu Kumbulo sudah di sekitar 2400m. Hanya selisih 300m ketinggian vertikal lumayan menambahkan waktu sepanjang 3 jam perjalanan.
Turunan Cinta
Padang Savana
Dalam gambar pejalan kaki mendaki Tanjakan Cinta, titik awal dari Ranu Kumbulo menuju pos Kalimati. Mungkin ini, hanya sedikit berat perjalanan ke Kalimati dari Ranu Kumbulo. 
Istirahat Sejenak di Hutan Pinus

Belatar Semeru
Segera setelah Tanjakan Cinta, kita dipesonakan oleh padang rumput terbuka yang indah. Kami juga dapat melihat Gunung Semeru sebagai latar belakangnya. Tampak dekat namun memerlukan waktu 3 jam perjalanan lagi untuk sampai ke Kalimati.


Pendaki Amatir :D
Pos Kalimati yang sering berkabut. Tapi kami dapat melihat puncak Gunung Semeru dengan jelas dari pos. Kalimati (2700m) adalah basecamp umum bagi para pendaki Gunung SemeruAda lagi tempat camp alternatif yang lebih tinggi disebut Arcapada (2900m) yang merupakan basecamp dalam bagian akhir dari hutan pinus sebelum puncak tetapi jarang porter lokal ingin pergi ke sana karena tidak ada titik air yang tersedia ada.  
Kalimati (Peliputan Liputan 6)


Upacara bendera di Kalimati

Padang Rumput di Kalimati

Arah Menuju Arcapada dan Puncak
Dalam Kalimati ada Waterpoint terdekat disebut Sumbermani ini, untuk kesana memerlukan waktu 20 menit dari pos. Saya dan Tole beristirahat sejenak, kami berdua tidak melanjutkan perjalanan ke puncak Semeru, karna peralatan kami dipinjam Gigon dan Tenyong (checklist kurang lengkap gara-gara mendadak). Kasian mereka yang belum pernah merasakan indahnya puncak Semeru, biar kami yang sudah pernah kesana yang mengalah.. :D

0 komentar: